Apa itu Jurusan Ilmu Komunikasi?

Ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan favorit ilmu sosial di banyak universitas. Tidak heran karena kemampuan ini dinilai berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga terus berkembang dan selalu dibutuhkan. Pada pendaftaran SBMPTN 2021 yang lalu, Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan favorit dengan pendaftar terbanyak di beberapa PTN. Selain itu, jurusan ini juga yang membanjiri pendaftar di beberapa PTS di Indonesia.

Karena selalu menjadi favorit, persaingan ketat tentu saja terjadi. Bagi kamu yang berencana mengambil jurusan Ilmu Komunikasi,  ada baiknya mempelajari dulu tentang jurusan ini. Tujuannya agar lebih siap menghadapi persaingan. Yuk, kenali lebih dalam soal jurusan ilmu komunikasi ini!


Jurusan komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari ian pesan secara efektif dari pemberi pesan agar sampai kepada penerima pesan melalui berbagai platform. Di jurusan ini kamu akan mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi media sosial.

Dari ilmu komunikasi ini akan berkembang menjadi beberapa konsentrasi studi seperti Hubungan Masyarakat (Public Relation), Komunikasi Pemasaran, Periklanan (Advertising)Performing Arts Communication, Manajemen Komunikasi, dan sebagainya. 

Saat kamu masuk ke prodi Ilmu Komunikasi, biasanya kamu akan diarahkan untuk mengambil peminatan.  Tapi, di setiap kampus memiliki peminatan yang berbeda-beda, ya. Lulusan program studi Ilmu Komunikasi akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom)


Apa Yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi?

Mengawali tahun pertama kuliah, kamu akan mempelajari mata kuliah umum utama yang merupakan pondasi ilmu komunikasi. Mata kuliah tersebut mencakup Pengantar Ilmu Komunikasi, Komunikasi Massa, Psikologi Komunikasi, dan Sosiologi Komunikasi. Lalu biasanya di semester 3 kamu bisa memilih jurusan atau peminatan sesuai dengan keinginan kamu. Pilihan peminatan ini akan berbeda-beda, tergantung dengan universitas. 

Setiap peminatan akan mempelajari hal-hal  yang berbeda. Tujuan dari peminatan ini adalah agar kamu bisa fokus memiliki satu keahlian yang spesifik. Di peminatan public relations kamu akan belajar bagaimana cara membentuk dan menjaga citra baik suatu perusahaan. Sedangkan di marketing, kamu akan mempelajari bagaimana cara membentuk suatu strategi pemasaran untuk sebuah produk agar laku dijual. Advertising-lah yang berperan untuk mengemas strategi pemasaran tersebut. Dan Broadcasting akan mempelajari cara menyajikan pesan yang menarik dan bermanfaat dalam media massa.

Dalam ilmu komunikasi, kemampuan berbicara menjadi salah satu kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap mahasiswanya. Lalu bagaimana jika kamu merasa cukup pendiam? Tenang saja, kemampuan public speaking kamu akan terasah seiring  dengan tugas-tugas perkuliahan yang menuntut kamu untuk keluar dari zona nyaman selama ini.

Tidak melulu belajar teori, jurusan ilmu komunikasi juga dikenal dengan berbagai praktikum yang seru. Lingkup praktikum yang bisa kamu lakukan pun cukup luas, mulai dari manajemen dan produksi televisi, radio, hingga media cetak.

Tantangan kamu sebagai anak komunikasi adalah kamu dituntut untuk selalu kreatif. Hampir setiap mata kuliah mewajibkan kamu untuk menghasilkan ide-ide kreatif seperti menulis berita, membuat film, mendesain sampul produk, dan sebagainya. 


Sumber : https://www.umn.ac.id/jurusan-ilmu-komunikasi-info-kuliah-dan-prospek-kerjanya/#:~:text=Jurusan%20komunikasi%20merupakan%20ilmu%20yang,penerima%20pesan%20melalui%20berbagai%20platform.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Label